OS Ponsel & Smartphone Berbasis Linux Part2

Share:
OS Ponsel & Smartphone Berbasis Linux Part2
Sebelumnya saya sudah pernah membuat part1 tentang OS Ponsel & Smartphone Berbasis Linux pada Blog Nux Linux kalian bisa membacanya pada tautan tadi, Sebelumnya saya tidak pernah menduga akan membuat part2 tapi setelah saya lihat artikel It's FOSS tentang "6 Open Source Mobile OS Alternatives To Android in 2018" ada bebrapa OS yang saya tidak menduga akan [Dihentikan] Salah satunya yang membuat saya terkejut adalah Ubuntu Touch dan Firefox OS [Dihentikan]. Kenapa? Benarkan? saya sedikit kebingungan disini. kenapa bisa berhenti. (Nanti saja membahasnya)

Baiklah kali ini saya akan memberikan Daftar OS HP Smartphone Berbasis Linux Part2 yang harus kalian tau di tahun 2018. tapi sebelum itu ada bebrapa OS yang pada bagian Part1 saya bahas sampai sekarang masih ada pengembangan untuk lebih baik lagi, yang masih populer yaitu Tizen dan Plasma Mobile.
Berikut adalah Dafatar 4 OS yang wajib kalia tau.

Librem
Yang pertama yaitu Librem atau Librem 5, adalah OS yang dirancang untuk keamanan dan Privasi untuk para penggunanya.
Librem 5, adalah ponsel yang berfokus pada keamanan dengan desain dan perlindungan privasi secara default. Menjalankan perangkat lunak Gratis / Libre dan Open Source dan Sistem Operasi GNU + Linux yang dirancang untuk menciptakan utopia pengembangan terbuka.
 
Librem sepenuhnya memiliki sistem berbasis kebebasan standar yang berdasarkan Debian. HP Librem 5 akan menjadi handset mobile IP asli pertama di dunia, menggunakan komunikasi desentralisasi terenkripsi dari ujung ke ujung.

PostmarketOS
PostmarketOS atau pmOS , adalah Alpine Linux yang dioptimalkan untuk sinkronisasi , PostmarketOS ini bisa kalian instal pada smartphone dan perangkat seluler lainnya. Proyek ini dalam tahap awal pengembangan dan tidak dapat digunakan untuk sebagian besar pengguna.

pmOS juga memiliki Chip modem seluler dan wifi, yang berjalan di Android kalian dan postmarketOS. Dalam kebanyakan kasus, bahkan memiliki akses penuh ke RAM, GPS, dan / atau mikrofon perangkat.









LineageOS
LineageOS atau juga dikenali sebagai LineageOS Android Distribution dan Lineage adalah sistem operasi open source gratis untuk smartphone dan tablet untuk distribusi android, berdasarkan platform mobile Android. Ini adalah penerus atau sebagai pengganti ROM CyanogenMod kustom yang sangat populer. LineageOS secara resmi diluncurkan pada tanggal 24 Desember 2016 yang lalu.

LineageOS sudah meluncurkan 3 versi yaitu LineageOS 12 ( Android Marshmallow), LineageOS 14 ( Android Marshmallow), dan LineageOS 15 (Android Oreo)






eelo
Yang terakhir adalah eelo, ini adalah proyek nirlaba, yang bergerak untuk kepentingan umum. mereka membangun sistem operasi seluler open-source dan layanan web terkait yang menghormati privasi data pengguna yang memakainya. eelo ini Dibuat oleh para ahli internasional dari para pengusaha, pengembang, dan desainer berpengalaman, dengan komunitas penyumbang yang berkembang.


Dengan tampilan yang menarik ditambah dengan fitur yang aman dan nyaman untuk kalian gunakan eelo menjadi yang terbaik di kalangannya. jadi buat kalian yang penasaran bisa cari lebih lanjut tentang eelo.

Dengan catatan singsat saya tentang beberapa produk diatas semoga dapat menginspirasi dan membuat kita lebih tau. untuk Reviewnya saya akan coba gali lebih dalam lagi tentang produk diatas, jangan lupa klik ikuti agar tidak ketinggalan artikel Ponselinux dan kami akan memberikan updatenya setiap ada pembaruan.

*Demikian catatan singkat dari saya. semoga dapat bermanfaat.
Sumber data sebagian dikutip dari berbagai sumber

No comments